" Sahabat merdekabelajar "

Most Recent

3/recent/post-list

4 PERANGKAT DOKUMEN KRITERIA AKREDITASI SEKOLAH DASAR DAN MENENGAH IASP TAHUN 2020 ( UPTD SPF SD NEGERI MUARA PEA KUTA BAHARU )

 

Supervisi Akademik Guru dan Tenaga Pendidik, IASP Tahun 2021 / 2022




Pengawas Pembina SD memberikan Arahan Terkait Akreditasi sasaran Tahun 2021


Assalamu'alaikuum,, Sahabat Merdeka-Belajar26 yang kami mulyakan. Kali ini Admin akan bagikan kepada Teman-teman Guru semua mengenai Perangkat Akreditasi Sekolah bagi sekolah dasar dan Pertama Dan Menengah mengenai persiapan dan bahan untuk dokumen Akreditasi disekolah. 


Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2020. Nomor 1005 / P / 2020. TENTANG : KRITERIA DAN PERANGKAT AKREDITASI PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH.


Adapun Kriteria Perangkat Akreditasi Sekolah dasar, Pertama dan Menengah Yaitu : Ada 4 Komponen yang harus Dipersiapkan dan Dilengkapi serta dibuktikan dengan Kondisi Fisik Disekolah Bapak/ibu teman-teman Guru mengajar.


Adapun 4 Kriteria tersebut antara lain : 


Pertama :  MUTU LULUSAN 

Kedua : PROSES PEMBELAJARAN 

KeTiga : MUTU GURU 

Ke Empat : MANAJEMEN SEKOLAH/MADRASAH

Bimbingan Pengawas Sekolah Bersama Kepala Sekolah dan Dewan Guru

Pada Kesempatan Lain disekolah berada pada daerah Terdalam/terpencil Pengawas Sekolah telah melakukan Kunjungan kesekolah kami, untuk memberikan arahan dan Bimbingan serta Pemantapan Persiapan Akreditasi pada Tahun 2021 nanti, Insya Allah.


Dalam Arahanya Pengawas Menjelaskan pada Akreditasi Tahun ini Para Guru Harus Mempersiapkan dengan baik Perangkat Pembelajaran yang dipersiapkan saat masuk ke kelas. 


Selain itu juga Para Dewan Guru Kelas maupun Guru Bidang Study Menyesuaikan dengan Keadaan saat ini pada Proses Pembelajaran saat Berlangsung dikelas bersama Peserta Didik. 


Selain Persiapan Perangkat Administasi dewan guru siapkan diantaranya adalah : 


- Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
- Silabus
- Prota ( Program Tahunan )
- Prota ( Program Semester )
- Penilaian 
( Kurikulum K-13 : Dilengkapi : K1-1, K1-2, K1-3 dan K1-4 ) 
- Absensi Siswa /Peserta Didik


Setelah semua Dokumen dilengkapi, Kepala sekolah terus lakukan pembimbingan dan Supervisi pada Guru dan Tenaga Pendidik di Sekolah. Selain Itu Juga Perlu dipersiapkan Rencana Kerja Baik Jangka Pendek, Menengah dan Jangka Panjang. Salah Satu Rencana yang baik dan dapat menjadi Perbaikan-perbaikan di sekolah yaitu Supervisi yang dilakukan Kepala satuan Pendidikan. 


Langkah-langkah Kegiatan Tersebut antara Lain :

  1. Kepala Sekolah Mempersiapkan dengan mengadakan Rapat untuk Agenda Pelaksanaan Supervisi pada Guru Kelas dan Guru Bidang Study.
  2.  Kepala sekolah Menyusun Jadwal Untuk Guru melakukan Proses Belajar mengajar yang dapat disesuaikan dengan Jadwal Pelajaran Satuan Pendidikan. 
  3. Guru Mempersiapkan Perangkat Pembelajaran seperti Telaah RPP dan Silabus sesuai dengan Tema, Sub Tema dan Pembelajaran yang ada pada Buku Pegangan Guru. 
  4. Guru Menyusun Perangkat lainya, seperti Absen siswa, LKS, perangkat Pendukung media pembelajaran yang Releva.
  5. Kepala Sekolah Menyiapkan Instrumen Penilaian saat supervisi berlangsung dikelas. 
  6. Kepala Sekolah memberikan Evaluasi dan Hasil dari supervisi ( Kekuatan dan Kelemahan ) Guru dalam Mengajar dan Perlu diberikan catatan agar dapat perbaikan kedepan.
  7. Kepala sekolah menyiapkan Dokumen dari hasil Supervisi seperti ( Penilaian Kinerja Guru ) PKG dan Nilai yang Relevan sesuai dengan Kebutuhan Guru dan Tenaga Pendidik.

Dari Penjelasan Poin demi Poin yang telah disampaikan Selain Guru, Kepala sekolah Juga Harus Mempersiapkan Dokumen-Dokumen Penting Sebagai Bahan untuk Penilaian Tim Asesor ketika Akreditasi Berlangsung disekolah agar Hasil yang didapatkan Lebih maksimal.



Demikian Artikel 4 Kriteria Perangkat IASP Untuk Akreditasi Sekolah/Madrasah yang admin Infokan semoga dapat menjadi Referensi bagi sekolah bapak/ibu Pimpin.


Dokumen File Akreditasi 4 Standar yang menjadi acuan Penilaian tim Pengawas atau Supervisor untuk mencocokkan dan melakukan Kunjungan Visitasi di sekolah dan Satuan Pendidikan sesuai dengan Fakta dilapangan Proses pelaksanaan Pembelajaran baik secara Luring ( Tatap Muka ) maupun Proses Pembelajaran secara Daring ( Online dalam Jaringan ).


Contoh dari Dokumen yang sekolah kami buat ini, merupakan kegiatan dan pelaksanaan secara terperinci dan sudah ditelaah dari Pengawas Pembina Sekolah yang setiap pertemuan membahas dari Instrumen Dokumen yang kami isi dan Lengkapi bukti-bukti Fisiknya. 



Baik, Silahkan Teman-teman Bapak/ibu Kepala sekolah dan Tenaga Pendidik Download/Unduh File secara Gratis dibawah Artikel ini ..!



















4 PERANGKAT DOKUMEN KRITERIA AKREDITASI SEKOLAH DASAR DAN MENENGAH IASP TAHUN 2020 ( UPTD SPF SD NEGERI MUARA PEA KUTA BAHARU ) 4 PERANGKAT DOKUMEN KRITERIA AKREDITASI SEKOLAH DASAR DAN MENENGAH IASP TAHUN 2020 ( UPTD SPF SD NEGERI MUARA PEA KUTA BAHARU ) Reviewed by Pak One on July 24, 2021 Rating: 5

No comments:

Music

2/Music/grid-big
Powered by Blogger.