" Sahabat merdekabelajar "

Most Recent

3/recent/post-list

BERIKUT INI 6 JENIS - JENIS KECERDASAN ANAK YANG PERLU DIKETAHUI OLEH SEORANG GURU ( TENAGA PENDIDIK )

Sahabat merdekabelajar26. siswa SD Negeri 2021

Sahabat merdekabelajar26.com, Artikel ini akan kami jelaskan tentang 10 Jenis-jenis Kecerdasan manusia yang perlu diketahui Oleh semua orang. 

mengetahui jenis kecerdasan yang ada pada manusiaadalah suatu keharusanbagi setiap orang. 

Utamanya Seorang Guru. Dengan mengetahui ini maka kiranya guru dapat melihat anak didiknya berdasarkan Potensi atau Jenis Kecerdasan yang dimiliki. 

Jadi berikut ini 10 Jenis Kecerdasan yang yang dimiliki oleh manusia menurut Howard Gardner, yang saya kembangkan dari Buku Best seller.

 " Gaya Mengajar yang menyenangkan siswa"  


1. Kecerdasan Linguistik ( Bahasa )


Kecerdasan ini meliputi kemampuan berbicara atau menggunakan bahasa, keahlian komunikasi secara lisan dan Tulisan, kemampuan menulis seseorang. 

Anak-anak yang memiliki kecerdasan ini suka Gemar membaca dan Gemar menulis. 

Tertarik dengan Suara, arti dan Narasi. Mereka seorang Pengeja yang baik dan Mudah dan ingat Tanggal, tempat dan nama. 

Mereaka juga memiliki kemampuan membicarakan pengalaman pribadinya atau mengutarakan pendapatnya dengan baik dan teratur. 

Memiliki Perbendaharaan kata yang yang banyak dibandingkan dengan anak sesusianya. Dan suka mendengarkan pernyataan - pernyataan lisan seperti;

cerita, berhubungan dengan Audio, menyukai puisi, permaianan kata dan mampu menceritakan kisah-kisah dengan sangat baik dan menarik prhatian orang lain. 


2. Kecerdasan Logika ( Matematis )


Kecerdasan ini meliputi kemampuan untuk menganalisa, menggunakan nalar dan perhitungan matematika dengan sangat baik. 

Kecerdasan ini berkaitan dengan Rumus-rumus, angka-angka dan penggunaan Logika. 

Anak dengan kategori ini memiliki kegemaran teka-teki, gambar, aritmatika dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan matematika. 


3. Kecerdasan Musikal 


Kecerdasan ini berkaitan dengan musik,melodi ritme dan nada. disini anak-anak memiliki kelebihan pandai memainkan musik dan memainkan atau mengatur komposisi bermain musik. 

Kecerdasan yang ke 3 ini dimana anak tersebut dikaruniai Tuhan YME, ALLAH SWT kemampuan untuk menghapal Ayat-ayat pendek dengan sambil mendengarkan musik. 

Selain itu ia juga peka terhadap suara dedaunan yang ditiup angin, suara kendaraan, suara Hujan, suara gemerik air, dan suara lainya. Intinya anak dengan kecerdasan musikal ia mampu menghapal sambil mendengarkan nada atau Lagu.


4. Kecerdasan Kinestetik ( Tubuh )


Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan menggerakkan dan menggunakan seluruh anggota tubuh sekaligus mengkoordinasikanya sesuai dengan keinginan. 

Anak-anak dengan kecerdasan ini memiliki bakat mekanik tubuh dan tidak tenang jika hanya berdiam diri. 

Tipe anak ini terus ingin selalu bergerak, mengetuk-ngetukkan benda seperti ( pulpen, pencil dll). ia lebih mudah belajar serta memahami sesuatu dengan praktek langsung dari pada hal-hal bersifat teoritis.


5. Kecerdasan Ruang / Kecerdasan Spesial 


Kecerdasan ini meliputi mengenali wilayahdan perbatasanya. berhubungan dengan bentuk lokasi, dan membayangkan hubungan diantaranya. 

tipe anak ini biasanya pintar membaca Peta diangram dan bagan. Selain itu umumnya anak ini juga lebih cepat dan pintar menangkap bentuk dari gambar abstrak. 

suka berimajinasi melampaui teman seusianya. pandai menggambar dan lebih mudah belajar dengan gambar dari pada teks. Suka mengerjakan Puzzle, Labirin, atau kegiatan Visual sejenis lainya. 


6. Kecerdasan Interpersonal.


Kecerdasan ini meliputi kemampuan untuk memahami orang lain. kecerdasan ini biasanya dapat bekerja sama secara efektif dengan orang lain. ini juga biasanya dapat mengerti dan tau perasaan teman dan orang lain. 

Orang-orang tipe ini sering kali ahli dalam berkomunikasi dan pintat Berorganisasi. serta memiliki kepekaan sosial yang lebih tinggi. Anak -anak seperti ini biasanya baik dalam memamahi perasaan dan motif orang lain. 

mereka suka bersosialisasi dengan teman seusianya, berbakat menjadi pemimpin, menjadi anggota club, ketua disebuah organisasi, atau kelompok Informal diantara seusia dia. 

Suka bergaul, mempunyai teman dua atau lebih teman dekat. Dia juga memiliki empati yang baik atau memberikan perhatian lebih kepada orang lain.


Demikianlah Tulisan Artikel mengenai Enam jenis -jenis Kecerdasan anak-anak yang perlu diketahui oleh Guru atau Tenaga Pendidik. Agar dengan memahami kepribadian anak maka dapat memotivasi mereka untuk belajar dan memiliki Karakter baik untuk tumbuh, memiliki Kepribadian sosial  dan Pengetahuan mereka bertambah.








BERIKUT INI 6 JENIS - JENIS KECERDASAN ANAK YANG PERLU DIKETAHUI OLEH SEORANG GURU ( TENAGA PENDIDIK ) BERIKUT INI 6 JENIS - JENIS KECERDASAN ANAK YANG PERLU DIKETAHUI OLEH SEORANG GURU ( TENAGA PENDIDIK ) Reviewed by Pak One on August 16, 2021 Rating: 5

No comments:

Music

2/Music/grid-big
Powered by Blogger.