" Sahabat merdekabelajar "

Most Recent

3/recent/post-list

BUNDA ! BERIKUT 10 CARA BENTUK MOTIVASI BELAJAR YANG MENYENANGKAN BERSAMA ANAK-ANAK DIRUMAH PADA MASA PANDEMI

Picture PD SDIT Imam syafi'i #Merdekabelajar.com


Sahabat Merdekabelajar26, Tahun ini kita masih dalam suasana Pandemi. dimana sekolah-sekolah masih belajar dan mengajar secara daring maupun Luring. sekolah pun masih mengalokasikan waktu untuk belajar untuk dibatasi demi untuk menjaga dan menghindari pandemi tsb. 


Tentu Bunda dan orang tua semua merasakan ada pekerjaan tambahan setelah letih mengurus Rumah Tangga seharian baik didapur maupun Membersihkan Rumah dan Halaman rumah. 


Selain Itu juga Bunda-bunda Hebat membantu Pekerjaan untuk memenuhi Kebutuhan Rumah Tangga lainya.


Adapun tulisan pada Artikel berikut ini saya akan berikan Trik yang menyenangkan bagi Bunda dan dan Ayah dirumah untuk membantu transfer pembelajaran dan Perhatian kepada anak-anak dirumah.


Adapun beberapa cara bentuk motivasi untuk menumbuhkan belajar  menyenangkan bagi  anak-anak dirumah, Berikut 10 Triknya, yaitu :


1. Memberikan Angka


Memberikan Nilai atau Angka kepada anak-anak/peserta didik ( Nilai yang bagus ) akan menjadi Motivasi tersindiri bagi anak-anak/peserta didik dirumah.karena dengan itu ia sendiri akan terus berupaya memilih dan mendapatkan nilai lebih tinggi lagi. Atau minimal ia dapat mempertahankan Nilai yang telah baik ia raih.


2. Spesial ( Hadiah )


Hadiah yang Bunda berikan kepada anak-anak, akan menjadi Motivasi tersendiri bagi mereka. Misalnya Bunda atau ayah menjanjikan kepada anak-anak dirumah berikan  Hadiah walaupun sederhana. 


Anak akan senang tentunya, kepada mereka yang mendapatkan hasil standard atau pertanyaan yang orang tua,bunda berikan kepada mereka dengan jawaban yang benar dan Tepat. Bisa juga dari gurunya saat ia diberikan Tugas atau hasil Laporan kelasnya mendapatkan Prestasi dan Juara. 


3. Saingan dan Kompetisi


Cara Ini juga menjadi Motivasi bagi mereka ( anak-anak ) dirumah. Bagi mereka diarahkan untuk bersaing secara sehat dan berfikir Positif dengan Teman-teman atau Saudaranya dirumah. Misalnya saat mereka diberikan Tugas Langsung kepada mereka agar mengerjakanya dengan penuh tanggung Jawab.


4. Ego Involement ( Keterlibatan Ego )


Anak-anak/Peserta didik akan berusaha dengan segenap Tenaga untuk mencapai Prestasi yang baik untuk menjaga harga dirinya. disini Peran Ibu pengganti Gurunya disekolah harus Pintar untuk meyakinkan kepada mereka ( anak-anak) untuk menumbuhkan kesadaran. 


Agar Anak dirumah merasakan dan menyadari betapa pentinya Tugas dan menerimanya sebagai tantangan yang harus mereka selesaikan dengan baik dan hati senang. Sehingga anak-anak akan bekerja keras untuk menyelesaikan tantangan itu untuk manjaga harga dirinya baik dirumah, Lingkungan maupun disekolah.


5. Memberikan Ulangan-ulangan yang tidak membosankan 


Memberikan Ulangan ulangan yang tidak membosankan kepada anak-anak. Ulangan diberikan agar memacu mereka belajar lebih Giat dan Kreatif. yang perlu diperhatikan ayah dan bunda dirumah memberikan ulangan jangan terlalu sering kepada meraka ( anak-anak ) karena dapat menimbulkan kejenuhan dan kebosanan dalam diri anak.


6. Mengetahui Hasil 


Melihat secara Langsung dan mengetahui Hasil dari pekerjaan mereka, akan mendorong mereka agar lebih giat lagi dalam belajar dan Literasinya. Jika anak-anak tahu bahwa hasil dari belajarnya meningkat, maka anak-anak akan terus termotivasi untuk belajar terus menerus dengan Tekun. 


Jadi Begitu juga sebaliknya jika mereka mengetahui belajarnya memburuk / menurun dari sebelumnya, maka ia akan berusaha untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajarnya.


7. Berikan Pujian Kepada Anak-anak


Memberikan Pujian yang baik dan Positif akan memupuk suasa yang menyenangkan serta meningkatkan gairah Belajar saat Dirumah maupun luar rumah. 


Yang perlu Bunda Perhatikan adalah memberikan ketepatan Pujian tersebut. Dimana bila pujian diberikan berdampak Negatif bisa menjadikan anak akan sombong. Akan memandang teman atau saudaranya remeh dan angkuh tentunya.


8. Hukuman Yang Mendidik


Hukuman tidak selamanya berdampak Negatif jika diberikan kepada anak-anak. Asalkan Hukuman itu diberikan saat yang tepat dan alasan yang jelas. Hukuman yang mendidik, logis sesuai dengan kesalahanya.


Sederhana, Ketika si anak menonton TV atau lupa saat ia bermain terus menerus. maka Bunda tegur dengan baik dan sementara waktu tidak boleh melihat dan nonton Televisi. 


Hukuman yang demikian akan menjadikan anak-anak dirumah, pasti akan menyadari  dan memunculkan gairah dan merasa bersalah. Anak tersebut akan mengubah Perilakunya dan meningkatkan prestasi hasil belajarnya.


9. Minat 


Minat adalah Kemauan tinggi, motivasi kedua setelah semua kebutuhan terpenuhi. Proses Belajar dirumah atau diseklah akan berjalan dengan baik jika dilandasi dengan minat untuk belajar.


10. Hasrat Untuk Belajar & Tujuan


Hasrat Untuk Belajar, muncul dari dalam diri anak-anak sangat penting. karena itu mengakibatkan anak akan lebih giat dalam belajarnya.


Begitu juga dari belajar dan arahan serta bimbingan yang mereka dapatkan akan menjadi Tujuan bagi anak-anak seusia mereka. Ini merupakan Instrumen Motivasi yang baik dan sangat penting bagi mereka. 


sebab dengan memahami Tujuan belajar yang disiplin bagi anak, meraka pasti mengerti apa yang harus mereka capai. Maka akan timbul gairah untuk terus belajar dengan giat dan sungguh-sungguh.


Demikian artikel mengenai " 10 Cara Bentuk Motivasi Belajar yang Menyenangkan Bersama Anak-anak Dirumah pada masa Pandemi." Semoga ada Bermanfaat bagi yang membaca dan Untuk Kita semua.

BUNDA ! BERIKUT 10 CARA BENTUK MOTIVASI BELAJAR YANG MENYENANGKAN BERSAMA ANAK-ANAK DIRUMAH PADA MASA PANDEMI BUNDA ! BERIKUT 10 CARA BENTUK MOTIVASI BELAJAR  YANG MENYENANGKAN BERSAMA ANAK-ANAK DIRUMAH PADA MASA PANDEMI Reviewed by Pak One on August 15, 2021 Rating: 5

No comments:

Music

2/Music/grid-big
Powered by Blogger.