" Sahabat merdekabelajar "

Most Recent

3/recent/post-list

Berikut Cara Membuat Laporan BOS ( Bantuan Operasional Sekolah ) Tahap 1 2 dan 3 pada Sistem Informasi Bos Salur Online Portalbos Kemendikbudristek Tahun 2021 sebelum Cut Off 31 Agustus!

 

Portal Bos.Kemendikbud 2021 Merdekabelajar26.com

Aceh - Kemendikbudristek RI - Portalbos 2021. Sahabat Bendahara dan Kepala sekolah merdekabelajar26.com Pada Postingan artikel lanjutan ini admin akan memberitahukan cara membuat Laporan Online Bos Pertahap pada laman Portalbos Kemendikbudristek Tahun 2021. Satuan pendidikan dan sekolah punya waktu hanya beberapa hari lagi untuk enteri data atau sinkronisasi dari Arkas masing-masing sekolah untuk Laporan Bos Tahap 1. Ingat ya sahabat bendahara?? Syarat Untuk Pencairan Bantuan Operasional Sekolah untuk Tahap ke 3 ( Tiga ) dan Telah Sinkronisasi Penentuan Dana Bantuan BOS Tahun 2022 dari sebelum Cut Off Per 31 Agustus 2021 wajib! untuk melaporkan Penggunaan Dana Tahap ke 1 ( satu ) di portal boskemendikbud secara Online. 


Untuk mempermudah para bendahara dan bapak ibu kepala sekolah melaporkan penggunaan dana dari Bos ( Bantuan Operasional Sekolah ) Tahap 1 Tahun 2021 yang sudah disalurkan, mari kita lihat tutorial singkat cara mudah dan cepat pelaporan onlineya.


Langkah Pertama silahkan Buka Google search portal boskemendikbud akan terbuka link https://bos.kemdikbud.go.id/ Silahkan Login Untuk masuk dengan menggunakan Akun dan Pasword. Ingat ya ! User dan Pasword Dapodik yang sudah terdaftar dan Verifikasi. Pada Tampilanya selain User, pasword akan ada pilihan dibawahnya Bank, Dinas Provinsi, Sekolah, Direktorat, Kemendikbud, Pengelola dan KPPN. Silahkan Pilih " Sekolah " karena di Satuan Pendidikan. seperti gambar dibawah ini:


Laman Login: User pasword dan Sekolah. merdekabelar26.com


Berhasil masuk ke portalbos kemendikbud. Sahabat bendahara akan melihat Tampilan Autentikasi Penggunaan Rekening Bos, yang terintegrasi pada Dapodik satuan pendidikan dan Sekolah. Lihat Tampilan ya?


Laman Autentikasi Bos.2021 Merdekabelajar26.com


Terlihat Tampilan Autentikasi seperti digambar, silahkan Klik " Masuk " untuk membuka Home  dan Halaman depan pada Portal Bos Kemendikbud.


Home Portal bos. merdekabelajar26.com

Pilih sebelah kanan pada laman "Dasbord" warna Biru makan akan terbuka tampilan beberapa Fitur dan keterangan yang memudahkan untuk mengetahui informasi yang terupdate pada laman tersebut. Ada Nama OPS sekolah yang aktif, Dasbosrd,Daftar Penyaluran,Konfirmasi Rekening,Konfirmasi dana Bos,Laporan Sekolah,Upload Buku dan Tabungan Giro,sejarah pengajuan perubahan Rekening, Terakhir ada panduan aplikasi clear chache dan logout. 


Dasboard laman Portalbos.merdekabelajar26.com


Setelah masuk dan memahami semua keterangan pada aplikasi website portal bos tersebut. sekarang kita akan pilih saja " LAPORAN SEKOLAH " Untuk masuk dan mengenteri Dana yang sudah di gunakan untuk dilaporkan, agar tidak salah dan lupa bendahara pastikan di Rekening giro atau Rekening Koran sesuai dengan dana masuk Tahap ke 1 yang sudah terenteri pada Daftar Penyaluran dan Konfirmasi dana Bos yang sudah di SK kan pada tampilan laman seperti pada menu Gambar diatas dengan keterangan sudah "VERIFIKASI ". 


Klik "Laporan Sekolah " selanjutnya akan terbuka pada tampilan " jenis Bos: Reguler Afirmasi dan KInerja; pilih Reguler. Tahun 2021. Silahkan Klik pada tombol "Tambah" warna Hijau.


Tampilan enteri laporan penggunaan dana Bos Tahap 1 dari 12 kolom isian k7a


Terlihat ditampilan gambar diatas, Komponen RPD K7, 12 sub program. Untuk menyegarkan kembali ingatan kita semua Apa-apa saja Komponen sub Program tersebut berikut admin tuliskan kembali;



8 Standart Satuan Pendidikan / sekolah Pembiayaan dana Bos antara lain :

  1. Pengembangan Kompetensi Kelulusan
  2. Pengembangan satnart Isi
  3. Pengembangan Standart Proses
  4. Pengembangan Pendidik dan Tenaga Pendidikan
  5. Pengembangan Sarana dan Prasarana Sekolah
  6. Pengembangan Standart Pengelolaan
  7. Pengembangan Standart Pembiayaan
  8. Pengembangan Implementasi sistem Penilaian.


12 Sub Program Pembiayaan pada Format RPD K7 Antara lain :

  1. Pembiayaan Penerimaan Peserta Didik Baru 
  2. Pembiayaan Pengembangan Perpustakaan 
  3. Pembiayaan Kegiatan Pembelajaran dan Ekstrakurikuler 
  4. Kegiatan Pembiayaan Asesmen /pembelajaran dan Kegiatan Ekstrakurikuler
  5. Pembiayaan Administrasi Kegiatan sekolah
  6. Pembiayaan Pengembangan Administrasi Guru dan tenaga Pendidik
  7. Pembiayaan Langganan Daya dan Jasa 
  8. Pembiayaan Sarana dan Prasarana sekolah
  9. Penyedian alat multimedia pembelajaran
  10. Pembiayaan bursa kerja dan praktek kerja lapangan,dalam negeri dan Luar Negeri
  11. Pembiayaan Uji kompetensi, keahlian sertifikasi, assesmen dan kompetensi lainya
  12. Pembiayaan Untuk Pembayaran Honorer/Honor GTT sekolah dan satuan Pendidikan

Tampilan enterian Bos K7a. 12 standart kolom isian.merdekabelajar26.com


Setelah terlihat sangat Jelas Tampilan untuk kolom yang diisi. Ingat sebelum pengisian sesuaikan dengan dana diterima yang sudah ada pada sistem Kemudian enteri dana pengeluaran pada 8 Standart  Komponen 12 sub program beserta honor Guru format K7a yang didapat dari Arkas yang sudah digunakan kemudian pastikan dan teliti kembali teman-teman Bendahara atau bapak dan ibu kepala sekolah agar data Bos tersebut tidak salah input.


Demikian Artikel Mengenai " Cara Membuat Laporan Tahap 1 2 3 Bantuan Operasional sekolah pada Portal Bos Kemendikbudristek secara Online Tahun 2021. Semoga Bermanfaat dan dapat menjadi Bahan Referensi buat pengisian Lapor Bos Online dengan Tepat dan Baik.




Berikut Cara Membuat Laporan BOS ( Bantuan Operasional Sekolah ) Tahap 1 2 dan 3 pada Sistem Informasi Bos Salur Online Portalbos Kemendikbudristek Tahun 2021 sebelum Cut Off 31 Agustus! Berikut Cara Membuat Laporan BOS ( Bantuan Operasional Sekolah ) Tahap 1 2 dan 3 pada Sistem Informasi Bos Salur Online Portalbos Kemendikbudristek Tahun 2021 sebelum Cut Off 31 Agustus! Reviewed by Pak One on August 31, 2021 Rating: 5

No comments:

Music

2/Music/grid-big
Powered by Blogger.