" Sahabat merdekabelajar "

Most Recent

3/recent/post-list

CARA MUDAH DAN CEPAT AKTIVASI ARKAS ( ANGGARAN RENCANA KEGIATAN SEKOLAH ) BOS ONLINE PADA SATUAN PENDIDIKAN TAHUN 2021

 

Picture Aplikasi ARKAS. merdekabelajar26.com 2021


PANDUAN CARA MUDAH DAN CEPAT AKTIVASI UNTUK ARKAS BOS ONLINE PADA SEKOLAH DAN SATUAN PENDIDIKAN TAHUN 2021


Pada Kesempatan ini Admin http://www.merdekabelajar26.com/, akan membagikan artikel " cara Mudah dan cepat  Aktifasi Arkas BOS Satuan Pendidikan secara Online  Pada Tahun 2021 ".  Karena beberapa hari terakhir ini di Grup sebelah baik  kepala sekolah dan Bendahara Satuan Pendidikan.

Ternyata dilapangan masih ditemukan Banyak yang menanyakan bagaimana cara daftar dan menggunakan aplikasi online ARKAS yang dikelola oleh Kemendikbud untuk memberikan kemudahan dan tertib administrasi, sehingga dana Bos yang dikelola disekolah-sekolah Proporsional dan tepat sasaran penggunaanya.

Aplikasi ini sudah dikenalkan oleh kementerian pada tahun 2020 s/d 2021, tetapi pelaksanaanya akan dilakukan secara serentak pada tahun 2020 ini. Keuntungan dari aplikasi ini Bendahara BOS sekolah tidak lagi disibukkan dengan membuat laporan dan tanda terima, menyiapkan pembukaan secara manual, tapi dengan adanya aplikasi ini bendahara dan kepala sekolah sedikit membantu didalam pengelolaan keuangan yang sudah teraplikasi.

Sekolah melakukan aktifasi akun terlebih dahulu, pada portal ARKAS,kemndikbud.
format isian :


biodata akun satuan pendidikan, merdekabelajar26.com


1.       No Aktifasi dari manager Bos/Pusat ( No Unik) yang dirahasiakan

  1. Mengisi Kode NPSN sekolah masing-masing
  2. Email aktif untuk Login
  3. No HP 
  4. Pasword ( pasword untuk masukkan ke aplikasi setelah daftar)
  5. Ulangi pasword 
  6. Tekan Registrasi.


Setelah terdaftar mengisi dengan teliti Rencana kegiatan anggaran sekolah pertriwulan dalam setahun.

Setelah terdaftar diaplikasi akan secara otomatis masuk kebagian Home, penganggaran, penatausahaan, Utilities dan Bantuan  dan Manjemen pendataan lihat seperti tampilan gambar dibawah.

Tampilan buka arkas. emai dan paswor untuk login. merdekabelaajr26.com 21


Peraturan Menteri No 3 Tahun 2019 mengenai Juknis BOS



Bahwa Disebutkan pada Tahun 2020 semua Sekolah sudah harus Melakukan Transaksi Online, berupa pembayaran gaji Honor guru, Pembelian ATK, Pembelian Buku yang sudah standar dari BSNP, Membeli alat-alat orah raga, dan lainya. sekolah tidak dibenarkan lagi melakukan pembelian Buku secara manual, tetapi melalui pemesanan dan pembayaran secara daring / Online.


contoh pembelian ATK, sekolah sudah membuat rancangan dalam membelanjakan selama persemester dalam ARKAS, untuk pembelianya, sekolah harus memesan dulu melalui Siplah ( Sistem informasi pengadaan sekolah ). pada aplikasi siplah ini para Pedagang dan toko terdaftar dan sudah menjadi mitra dari boskemendikbud. 

Jadi sekolah membeli seluruh kebutuhan ATK dan lainya tinggal memilih toko terdaftar secara resmi tersebut pada aplikasi ini. setelah memesan menunggu untuk pengiriman dan pembayaranya dilakukan secara transaksi daring/online.

Misalnya membayar Honor Guru, bukan lagi secara manual tetapi guru bersangkutan harus sudah memiliki No Rekening, NPWP dan guru mengajar honor disekolah Maksimal S.1 sesuai peraturan berlaku.

Tidak usah takut dan cemas, bagi bendahara yang telah ditunjuk oleh kepala sekolah dan sudah di SK kan langsung Bupati dimasing-masing daerah. Tentu tahun pertama 2020 ini memiliki pekerjaan tambahan, karena bendahara sekolah kebanyakan guru dan diberi tambahan tugas untuk mengelola,keuanganBOS.


Tentunya aplikasi secara online ini bendahara tidak lagi disibukkan dengan membuat laporan selain itu bendahara disekolah juga tidak usah pusing-pusing lagi untuk mempersiapkan RKAS secara manual dan laporan lainya.

Karena sudah tersistem ketika kita mengentri data yang valid dan sesuai untuk kita jadikan bahan penggunaan laporan pertanggung jawaban dan merancang penggunaan dana tidak secara proporsional. Aplikasi ini hadir untuk menjawab tantangan Revolusi 4.0 ( Dunia Digitalisasi ) artinya, dimana Guru dan siswa harus memiliki kecakapan untuk menggunakan alat-alat digital dan Internet dengan baik pintar.

 

Demikian Artikel ini dibuat untuk kebutuhan para Guru dan tenaga Pendidik, Bendahara Sekolah. Semoga ada manfaat dan menambah wawasan untuk sahabat Guru-guru hebat dan merdekabelajar26 semua.

 


CARA MUDAH DAN CEPAT AKTIVASI ARKAS ( ANGGARAN RENCANA KEGIATAN SEKOLAH ) BOS ONLINE PADA SATUAN PENDIDIKAN TAHUN 2021 CARA MUDAH DAN CEPAT AKTIVASI ARKAS ( ANGGARAN RENCANA KEGIATAN SEKOLAH ) BOS ONLINE PADA SATUAN PENDIDIKAN TAHUN 2021 Reviewed by Pak One on August 22, 2021 Rating: 5

No comments:

Music

2/Music/grid-big
Powered by Blogger.