" Sahabat merdekabelajar "

Most Recent

3/recent/post-list

CARA MUDAH SEKOLAH MELAKUKAN PENGISIAN SURVEY PTM BELAJAR SATUAN PENDIDIKAN DATA KEMENDIKBUD TAHUN 2021

 

Survey PTM satuan Pendidikan Nasional 2021 #Merdekabelajar26.com

Assalamu'alaikum..

Salam Pendidikan,, Apakabar sahabat dan Guru merdekabelajar26.com. Tahun Ini kementerian Pendidikan terus memberikan perhatian lebih bagi semua sekolah disemua jenjang satuan Pendidikan seluruh Nasional. 

Pada masa pandemi saat ini Semua Sekolah ada masih melaksanakan pembelajaran secara Daring, Luring dan Pembelajaran secara Tatap muka Langsung.

Admin akan menginformasikan kepada semua Guru dan kepala sekolah mengenai Informasi yang sangat penting untuk pengisian Survey PTM disemua satuan Pendidikan di Data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2021.

Dalam rangka Penyesuaian Kebiajakan Pembelajaran TATAP MUKA di SATUAN PENDIDIKAN NASIONAL, Pada MASA PANDEMI COV1D-19. 

Semua Pendidikan WAJIB! Memberikan INFORMASI dan KONDISI serta PERUBAHAN PROSES PEMBELAJARAN di SEKOLAH. 

Apakah Sudah Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka ??

Apakah Sudah dalam Melaksanakan Tatap Muka Terbatas??

Atau Juga Apakah masih Melakukan Pembelajaran BDR ( Belajar dari Rumah ) ??

Para Teman-teman sahabat merdekabelajar26.com bisa melihat Hasil Rekap keseluruhan di link Kementerian Pendidikan berikut..! Rekap data PTM Nasional 

Baik, Admin akan Memberikan contoh dan Pengisian secara mudah dan cepat artikel ini tentang " Cara Mudah sekolah melakukan Pengisian PTM Belajar Pada Satuan Pendidikan Data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2021."

Ada beberapa Poin yang akan diisi dan disertai dengan Dokumen Upload sebagai Pendukung Pembelajaran yang akan atau telah dilaksanakan disatuan Pendidikan Teman-teman Guru dan Kepala sekolah.

Pertama setelah dibuka data.kemendikbud dengan menggunakan Akun SDM data yang sudah terdaftar. maka terlihat nama satuan Pendidikan, NPSN, Alamat ( seperti Desa, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi).


Adapun Tampilan awal pengisianya : 

1. Proses Pelaksanaan Pembelajaran yang dilaksanakan ada Beberapa pilihan.

- Belajar dari Rumah ( BDR )

- Pembelajaran Tatap Muka

- Pembelajaran Tatap Muka Terbatas 

( Maka Pilih salah satu dari  3 diatas ya sahabat guru-guru disatuan pendidikan).


2. Kurikulum Yang Digunakan 

- Kurikulum Nasional

- Kurikulum Darurat 

- Kurikulum Penyederhanaan Mandiri.

( Pilih dari Tiga Poin diatas sesuai dengan kondisi sekolah/satuan Pendidikan masing-masing).


3. Ketersedian Sanitasi dan Kebersihan

*  Berupa Tolilet, 

Isikan Tindak Lanjut dari Sekolah yang akan laksanakan secara berkala misalnya ( dengan adanya Toilet dan Air Bersih di sekolah untuk memudahkan para siswa - siswi untuk mengakses Air dan menjaga Kebersihan ).


4. Disinfekstan ( Air Berisi /cairan Pembunuh kuman-kuman penyakit atau Hama lainya.

* DisInsfektan 

Isikan Tindak Lanjut dari Kegiatan pada poin ini ya, misalnya ( Sekolah melakukan penyemprotan Disinspektan pada sarana Ruangan Kelas semua Rombel, Ruangan Guru, Kepsek, Ruangan Perpustakaan dan Ruangan UKS. sebelum dan pelaksanaan PTM secara LAngsung Satuan Pendidikan ).


5. Ketersedian Fasilitas Kesehatan.

* Mampu Mengakses Fasilitas Kesehatan, seperti PUSKESMAS, POSKESDES, Klinik RUMAH SAKIT dan Lainya.

Pada Poin Ini bisa teman-teman ops atau guru isikan keterangan /Tindak Lanjut sesuai dengan Kondisi sekolah saat ini ( Pihak Kesehatan berada dalam Wilayah DEsa, Kota, Kecamatan melakukan Monitoring dan Sosialisasi mengenai Kebersihan dan Kesehatan masing-masing Satuan Pendidikan ).

Pelayanan kesehatan Puskesmas bersama anak-anak didik disekolah 2021.

6. Kesiapan menerapkan AREA wajib maskes bagi PD, Guru dan Warga Sekolah Lainya. atau ada PD yang memiliki kelainan/kekuranganya.

* Pemberitahuan PROKES

Isikan Tindak lanjut dari kegiatan sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing. ( Sekolah menyediakan spanduk pentingnya diarea sekolah tetap memakai masker dan menerapkan Protokol Kesehatan di sekolah ).



7. Sekolah menyediakan Thermogun ( Alat Pengukur suhu Tubuh ).

* Alat Pengukur SUHU TUBUH 

(Sekolah menyediakan THERMOGUN, Pengukur suhu bagi siswa-siswi dan para warga sekolah, sebelum pelaksanaan Aktivitas pembelajaran baik Luring maupun tatap muka secara Langsung)


Pengukuran suhu tubuh kepada siswa saat pembelajaran Pjj/kesekolah


Selanjutnya, beberapa Poin-poin pengisian Survey Bila tidak ada file di Upload. Lakukan Pengisian keterangan Tindak Lanjut ya pada Kolom disediakan di website data PTM Kementerian pendidikan dan Kebudayaan, bisa Teman-teman OPS Guru Maupun Kepala satuan Pendidikan masing-masing ya. 

Selamat Bekerja jangan sampai terlambat ya sekolah bapak n ibu guru...!! Untuk Surat Edaran Pembelajaran Tatap muka dapat diunduh filenya disini : 




Semoga Artikel ini bermanfaat dan dapat membantu sekolah lainya untuk mengisi Survey PTM Tahun 2021.



Wassalam.

....................*****..................






CARA MUDAH SEKOLAH MELAKUKAN PENGISIAN SURVEY PTM BELAJAR SATUAN PENDIDIKAN DATA KEMENDIKBUD TAHUN 2021 CARA MUDAH SEKOLAH MELAKUKAN PENGISIAN SURVEY PTM BELAJAR SATUAN PENDIDIKAN DATA KEMENDIKBUD TAHUN 2021 Reviewed by Pak One on August 07, 2021 Rating: 5

No comments:

Music

2/Music/grid-big
Powered by Blogger.