" Sahabat merdekabelajar "

Most Recent

3/recent/post-list

" Menjadi Guru Yang Di Rindu # Petuah Untuk Guru-guru Hebat didalam Kelas dan Luar Sekolah "

 

Guru Hebat dan sepeda Ontel 2021

Assalamu'alaikum warahmatullah... Apa kabar semua Sahabat2 Merdekabelajar26.com Saya akan berbagi Pengalaman dan menggoreskan Tinda dengan Pena biasa untuk membuat Para Guru-guru Hebat yang saat ini mengajar dan mendidik baik disekolah maupun diRumah. Penulis Tau pada masa Pandemi ini, kita dan penulis Rasakan untuk membimbing,mendidik dan mengajar secara tatap muka langsung ada sedikit keterbatasan dikarenakan pada masa-masa pandemi yang belum juga mereda. Mudah-mudahan kita semua tetap semangat dan menguatkan Literasi kita untuk terus berupaya menjadi Guru yang berwawasan baca dan Inovasi dengan memanfaatkan waktu Luang kita saat belajar dirumah Baik daring maupun Secara Langsung.

Tulisan pada Artikel ini tentu tidak ada Sempurna dan Luarbiasanya hanya Pengalaman dan Membaca dari Biografi orang-orang Hebat dikehidupan kita semua. 

Pada Tulisan Artikel ini saya menulis dan berbagi Literasi bacaan Mengenai " Menjadi Guru yang Dirindu ( Petuah Untuk Guru-Guru Hebat didalam Kelas dan Luar Sekolah ).

Para Saudaraku semua yang berbahagia. Ketahuilah bahwa Pandangan mata anak-anak didik kita saat ini tentunya selalu mengawasi setiap GERAK dan DIAM kita. 

Oleh Karena itu, jagalah sikap-sikap penting berikut ketika kita dalam kelas maupun saat membimbing mereka ( Peserta didik ). Penting Buat Kita Guru Tanamkan Kepribadian yang baik diantaranya :

  1. Janganlah mengucapkan Kata-kata yang kurang baik atau melukai hati Peserta didik kita dikelas/sekolah. Misalnya merendahkan ya secara fisik, Mengatakan kepada anak kita Bertubuh Gemuk, Kurus, hitam, Lemah penglihatan atau Lambat dan gagap dalam berbicara. Karena kalau ini bisa terjadi maka bisa jadi anak-anak murid yang lainya ikut akan merendahkanya baik didalam maupun luar sekolah.
  2. Guru baik, jangan terlalu banyak berbicara. Hal ini akan membuat dan mengurangi reputasi Teman-teman guru secara pelan-pelan. Tertawalah dengan seadanya dan secara wajar untuk menghembuskan Ruh Kecerian kepada mereka ( anak anak didik ) agar datang kesejukan yang menyenagkan bagi mereka dan siapa saja.
  3. Janglah berikan Nasihat atau Bimbingan yang terlalu berlebihan. Karena itu akan menjadikan semua Murid-murid anda akan merasa memikul Banyak Tanggung jawab dan melakukanya untuk melaksanakan semua Nasihat-nasihat yang telah didengarkan oleh mereka ( murid ) akan membuatnya merasa gagal. Kemudian anak-anak kita bimbing akan tidak mendengarkan bahkan melakukan tindakan satu nasihatpun yang telah kita sampaikan. Rasulullah Muhammad SAW, Merupakan Guru yang patut kita contoh Keteladananya, Rasulullah pernah menyampaikan kepada kita semua dalam Hadistnya " Dulu Rasulullah Memilih waktu dalam memberikan Nasihat karena khawatir akan mendatangkan kebosanan ( Jika setiap waktu diberikan nasihat )." ( HR. Bukhari Muslim )
  4. Bagi Kita Guru Perlu diingat, Jangan Pernah Berbohong dalam sekecil apapun agar anda tidak kehilangan kepercayaan dari murid-murid anda semua.
  5. Berusahalah untuk menunjukkan bahwa Anda Seorang Guru yang memperhatikan dan mengupayakan kebaikan untuk mereka( anak murid) tanpa Pamrih. hal ini dapat kita ketahui dari kata - kata yang sering kita ucapkan, karena seorang muslim sejati adalah yang mencintai kebaikan untuk semua orang.
  6. Sifat Seorang Guru yang baik didalam kelas maupun diluar sekolah, harus Tenang, berwibawa, mengerti keadaan murid, dan aktif untuk mentransfer ilmu kepada mereka.
  7. Guru Baik juga punya cara dan strategi untuk menyebarkan Karakter dan akhlak mulia kepada semua murid yang dibimbingya.

Nah dari beberapa Poin-poin diatas yang sudah Penulis sampaikan tersebut bisa Teman-teman Guru hebat temukan kepribadian lainya yang baik biasa kita perbuat atau kita lakukan kepada murid dan orang lain tanpa kita sadari. 

Selanjutnya selain kepribadian yang sudah harus kita perbuat dan perhatikan saat membimbing maupun mengajar kepada anak-anak murid, Penulis Juga akan berikan beberapa contoh kepada Guru-guru muda diAbad 21 ini untuk menebarkan Kebaikan semaksimal dan semampu kita untuk menebarkan kepada siapapun.

* Pertama :

Kita Tentu pernah membaca Kisah-kisah Nabi Kita Rasulullah SAW, Dalam Pesanya Sebagai Guru seharusnya kita tidak bersikap kasardan tidak tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu. Karena ke2 sikap ini tidak sedikitpun akan memiliki Faedah apa-apa. Diperlukan sikap Lemah dan Lembut dalam memberikan araha nasihat kepada mereka ( anak murid ). Ada Pepatah mengatakan " Janganlah terburu-buru untuk untuk memetik Buah sebelum waktunya Matang."  Ketahui wahai Guru - guru muda Hebat, Membangun Rumah Baru lebih mudah daripada merobohkan bangunan Lama, kemudian membangunya kembali. Disini maksudya, merobohkan bangunan kebodohan yang diImplementasikan dalam sikap dan keyakina yang tidak islami. Kemudian anda membangunya dengan Nilai-nilai Islami didalam jiwa para Murid. Cobalah sejenak renungkan dengan baik.!

** Kedua :

Ketika ingin menyiapkan PMB ( Pembelajaran ) atau menyampaikan Pembelajaran mulailah dengan niat tulus dan do'a yang baik. dengan Harapan Semoga Tuhan, Allah SWT memberikan Kemudahan dan kejelasan atas Uraian apa yang anda sampaikan kepada murid-murid baik dikelas maupun diluar sekolah. Dan mintalah petunujuk kepadaNya agar dalam menyampaikan pelajaran dan bimbingan  Allah akan melimpahkan kebenaran diatas Lisan dan hati anda. Selain itu juga Para semua murid mudah memahami atas penjelasan yang diberikan kepada mereka. 

*** Ketiga 

JIka telah usai menjelaskan materi PBM yang diajarkan kepada para peserta didik, jika masih ada waktu yang masih tersisa, maka Seorang guru gunakan kesempatan itu Untuk mulai bertanya kepada mereka ( murid).misalnya Guru Bertanya ; Siapa tadi sebelum mulai pembelajaran anak-anak yang berdo'a dengan khusuk.? Siapa dalam kelas sebelum pergi kesekolah yang sholat subuh dua rakaat .? dari pertanyaan pertanyaan tersebut maka akan mebuat anak-anak didik merasa diperhatikan oleh seorang gurunya disekolah, karena guru pengganti orang tua mereka dirumah. Maka Pujilah mereka dengan apa yang mereka sampaikan dengan kejujuran dalam ucapanya. 

Dengan Pertanyaan lain yang para teman-teman guru sampaikan kepada anak-anak didik tersebut akan menilai seberapa tingkat pengetahuan dan pemahaman mereka. 

Dengan itu maka bisa dipastikan kita sebagai guru akan memberikan bimbingan dan pengetahuan lebih kepada mereka apa yang mereka tidak paham dan tidak ketahui dengan nasihat  baik dan wawasan yang kita ketahui. 

Demikianlah Tulisan singkat dapat saya sampaikan kepada para Guru-guru hebat. Agar dapat menerapkan dan mengambil nasihat baik dari keterangan yang saya tuliskan secara sederhana. 

Semoga Bermanfaat dan menjadikan kita Guru-guru muda yang memiliki Karakter dan kecintaan dalam mengajar dengan Tulus dan Ikhlas.







Penulis : Ridwan Tinambunan, S.Pd 

( Tenaga pendidik /Guru Uptd Spf SDN Muara Pea )



" Menjadi Guru Yang Di Rindu # Petuah Untuk Guru-guru Hebat didalam Kelas dan Luar Sekolah " " Menjadi Guru Yang Di Rindu # Petuah Untuk Guru-guru Hebat didalam Kelas dan Luar Sekolah " Reviewed by Pak One on August 06, 2021 Rating: 5

No comments:

Music

2/Music/grid-big
Powered by Blogger.