" Sahabat merdekabelajar "

Most Recent

3/recent/post-list

Menjadi Guru yang Dirindu #7 Karakter Guru dan Tenaga Pendidik yang sukses

Peserta didik yang berkarakter.merdekabelajar26.com


Assalamu'alaikuum.. 

Sahabat merdekabelajar26, Pada Tulisan sebelumnya saya sudah pernah sampaikan Artikel mengenai Keberhasilan Guru mengajar baik dalam kelasmaupundiluarkelas,disini: http://www.merdekabelajar26.com/2021/08/menjadi-guru-yang-di-rindu-petuah-untuk.html. Kali ini saya kembali akan tulis artikel singkat mengenai " menjadi Guru yang diRindu, Karakter Guru dan Tenaga Pendidik Yang sukses." Tulisan ini saya rangkum dari beberapa sumber dan pemikiran saya secara terbuka, dari pengalaman dan secara langsung yang saya alami sebagai Profesi saya saat ini.


Karakter Guru yang sukses, ialah Guru-guru yang pantang menyerah dan Mengajar penuh dengan Ketulusan dan cinta. Selain itu Karakter Guru sukses ia juga terus memperbaharui Wawasan dan ilmu pengetahuanya untuk anak-anak didik yang diajarkanya.


Berikut Penjelasan 7 karakter Guru sukses yang saya rangkum dan Tuliskan buat sahabat-sahabat Guru semua, agar menjadi bahan bacaan dan pengetahuan baru sekiranya.


Berikut Penjelasanya; 7 ( Tujuh ) Karakter Guru dan Tenaga pendidik Sukses?


#Pertama 

Sesalu siap untuk meningkatkan pengetahuan seputar materi pelajaranya, yaitu dengan membaca dan melakukan pembahasan dengan mendalam. Sehingga dia bisa menggabungkan materi tersebut dengan Pengetahuan yang baru ia dapatkan. Disamping itu, dia memiliki Metode yang baik untuk memberikan pemahaman kepada murid-muridnya.


#Kedua

Guru Abda 21 saat ini pasti Tau dengan baik sarana-sarana Modern dalam pendidikan. Informasi dan Teknologi ia mengerti Sehingga dirinya dapat mentransfer Pengetahuan-pengetahuan yang ada dengan Mudah.


#Ketiga 

Mengetahui beberapa karakter Pertumbuhan Jiwa para murid. sehingga ia mampu menghadapi perbedaan antara setiap individu dari sisi jiwa, akal dan Emosional. Dengan hal ini sang guru menjalankan Proses Pendidikan sesuai dengan arah perkembangan kejiwaan murid dan bukan bertolak belakang dengan perkembangan kejiwaan mereka. 


#Keempat 

Bersikap objektif, dengan arti bersikap sama kepada semua murid, tidak pilih kasih.Menjauhi sikap condong kepada sebagian murid dan menafikkan yang lainya.


#Kelima 

Memiliki Sikap Inovatif dan Kreatif. memanfaatkan barang-barang yang tidak terpakai untuk membuat media pembelajaran dan sebaginya, dengan kata lain memakai sarana-sarana terbarukan dalam mendidik dan membimbing peserta didiknya.


#Keenam 

Murid-murid merasa dihormatidan dihargai ketika bersamanya. disamping itu, para murid merasa bahwa gurunya adalah pemilik kemuliaan karena dialah yang telah memberikan ilmu kepadany, menunjukkan akhlak yang baik, bahkan membantu mereka menyelesaikan permasalahanya. Baik yang berhubungan dengan materi pembelajaran maupun tentang kehidupan sosial.


#Ketujuh 

Menyusun dengan rapi materi yang akan diajarkan, mengecek tata tertib dalam kelas, dan memperhatikan para murid ditengah jam pelajaran. selain itu mengevaluasi tugas-tugas murid dan memberikan penilaian secara objektif. Mentransfer nilai-nilai suri tauladan yang baik kepada muridnya. Memberikan Tugas-tugas ( PR ) Rumah kepada muridnya. Bekrjasama dan menjalin Komunikasi baik dengan para wali murid dan warga sekolah. Terus Belajar dan mengasah kemampuan diri dengan melakukan Riset dan Tindakan kelas dengan Tujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar dan membimbing dengan baik. Bekerjasana dengan lembaga sekolah dan menerima selalu dengan hati terbuka atas saran dan nasehat dari pimpinan ( Kepala sekolah). 


Kisah Inspiratif! Perjalanan seorang Guru, Lelah dan Pahit dialah Kak seto hingga sukses dan dapat Penghargaan dari Presiden RI


Demikian Artikel singkat mengenai "Karakter Guru Sukses dan berhasil dalam profesinya", yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi semua pembaca.

Wassalam.  







Penulis: Ridwan Tinambunan,S.Pd 

#Guru/tenaga pendidik #SDN Muara pea. Aceh Singkil

(sumber:#ziyad#menjadi guru dirindu#mahmoed khalifah)


Menjadi Guru yang Dirindu #7 Karakter Guru dan Tenaga Pendidik yang sukses Menjadi Guru yang Dirindu #7 Karakter Guru dan Tenaga Pendidik yang sukses Reviewed by Pak One on August 25, 2021 Rating: 5

No comments:

Music

2/Music/grid-big
Powered by Blogger.