" Sahabat merdekabelajar "

Most Recent

3/recent/post-list

AGAR MONITORING & SUPERVISI GURU SUKSES DAN SESUAI YANG DIHARAPKAN, BERIKUT PERSIAPAN YANG HARUS DILAKUKAN KEPALA SEKOLAH

 

Foto Kegiatan Supervisi Guru oleh Kepala satuan pendidikan di -
sekolah, merdekabelajar26.com 2022


Supervisi Guru disekolah perlu dilakukan setidaknya dalam 6 Bulan sekali ( 1 semester ) pelajaran, supervisi Akademik bagi Guru-guru perlu dilakukan oleh kepala sekolah maupun kepala satuan Pendidikan. 


Kepala Sekolah adalah supervisor disekolah. Ia memiliki kewajiban membimbing, serta membina guru dan staff yang berhubungan dengan penyelenggaraan Pendidikan dan pengajaran untuk menciptakan situasi pembelajaran yang lebih baik. Supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah perlu dilakukan agar dapat meningkatkan dan Profesional pembelajaran disekolah agar pendidikan dapat lebih baik dan berkualitas. 


Berikut cara agar pelaksanaan Supervisi yang dilakukan kepala sekolah kepada Guru agar mendapatkan hasil yang baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan :


Disiplin kunci Sukses dalam supervisi sekolah.merdekabelajar26.com


Disiplin waktu ;

Kedisiplinan waktu perlu dilakukan oleh kepala sekolah, agar kegiatan  - kegitan yang telah disusun dengan matang dapat berjalan dengan tepat waktu dan terarah. Dimulai dari Disiplin Guru, Staff Siswa ( peserta didik ) dan Kepala sekolah untuk datang lebih awal dan waktu yang ditetapkan oleh sekolah untuk dapat kesekolah dengan tepat waktu. Guru juga dengan waktu yang telah terjadwal akan lebih mudah mengatur jadwal pembelajaran dan membuat administasi kelengkapan bahan supurvisi dengan tidak tergesa-gesa dan berkualitas.


Bimbingan kepada Guru secara berkala.merdekabelajar26.com


Bimbingan kepada Guru secara Berkala

Pelatihan atau semacam workhsop, guru harus diarahkan dan dijadwalkan. Untuk menyusun dan membuat pembelajaran lebih menarik dan inovatif tentu Guru-guru disekolah membutuhkan wawasan dari Pembimbing  dari kepala sekolah dan Pengawas sekolah secara langsung. Kegiatan Pelatihan dan Bimbingan yang diberikan kepada guru-guru di sekolah menjadi motivasi dan nilai tambah kepada mereka, karena pada Abad 21 ini Guru mampu menguasai IT untuk mengolah dan melakukan eksprimen mengajar yang Kreatif agar pembelajaran tidak monoton. Jadi Bimbingan dan pelatihan dapat diberikan kepada Guru dan Staff disekolah dengan berkala dan terjadwal.



Kepala sekolah menguasai IT dan administrasi dokumen Supervisi

Kepala Sekolah Melek IPTEK

Pada Pembelajaran Abad 21, Semua Guru dan Kepala satuan Pendidikan dituntut untuk mampu dan menguasai Alat-alat digital dan internet. IPTEK ( Informasi dan Teknologi ) yang terus terbarukan dan Informasi yang terupdate menjadi kunci keberhasilan untuk mencari dan mengolah berita dunia Pendidikan sebagai bahan Referensi di sekolah bagi kepala sekolah. 


Kepala sekolah yang Cakep dan memiliki Kemampuan Manajerial yang baik tentu ia juga memanfaatkan Komputer dan Laptop yang ada padanya untuk membuat Bahan-bahan Kelengkapan Administrasi yang menarik dan Educatif yang diberikan kepada Guru-guru disekolah yang ia Pimpin. Dengan Penguasaan IT juga mampu menguasai dunia digitalisasi untuk menyiapkan persaingan Manajerial yang Profesional dan Berkualitas untuk menciptakan Model-model Pembelajaran yang Kreatif dan menyenangkan bagi siswa dan Contoh PBM dikelas bagi Guru dan staffnya disekolah.


Karakter baik disekolah diterapkan dengan Istiqomah

Karakter dan Kebiasaan Baik selalu dijalankan secara Istiqomah.

Kebiasaan menjadi Kunci Keberhasilan siswa untuk menjadikan mereka lebih terampil dan disiplin. Sebagai kepala sekolah Perlu membuat kegiatan-kegiatan Rutin dengan Istoqomah. Kegiatan tersebut bermanfaat yang dapat dibimbing Guru kepada siswanya agar menjadi keunggulan disekolah yang ia pimpin. Dengan Kebiasaan ( karakter ) pasti akan muncul Kepribadian yang baik dan jiwa sosial yang mereka lakukan baik disekolah maupun diluar sekolah dengan sendirinya.

Disebuah Sekolah mengutamakan kegiatan Literasi setiap hari sebelum pembelajaran dimulai dalam kelas. Contoh baik ini dapat menjadikan siswa dan Guru lebih banyak membaca dan wawasan untuk bahan pembelajaran dan pengetahuan yang mereka dapatkan. 


Tindak Lanjut dari supervisi. merdekabelajar26.com

Tindak Lanjut Terus Dilakukan setelah Supervisi  

Setelah supervisi dilakukan dengan terbimbing dan Profesional, tentu tidak berhenti hanya disitu saja. Terus lakukan perbaikan-perbaikan Pembelajaran yang dilakukan oleh Guru -guru disekolah dengan memantau dan mengawasi secara Terbimbing dengan Peserta didik dikelas. Perlu dilakukan agar siswa lebih mendapatkan pembelajaran dari Gurunya dengan Bimbingan dan Pembelajaran yang diberikan dengan gaya memodifikasi dan Kreatifitas yang menyenangkan bagi siswa didalam kelas. Selain itu juga dengan Supervisi tersebut setelah dilakukan Pembelajaran jadi lebih matang dan siswa dampaknya ada kemajuan dan disiplin dalam menerima pembelajaran jauh lebih siap.


Absensi Pengawas Sekolah terhadap kepala sekolah dan Guru


Untuk Membantu Rekan-rekan Kepala Sekolah dan satuan Pendidikan, berikut kami berikan contoh File Program supervisi, jadwal supervisi, Administrasi Kelengkapan Supervisi, dan Dokumentasi lainya dari contoh Pelaksanaan sekolah kami buat. Sebagai Referensi dan Kemanfaatan untuk sekolah bapak/ibu Kepala sekolah pimpin. Berikut File Lengkapnya dapat di Unduh/Download di bawah tautan Artikel ini : 


UNDUH PROGRAM SUPERVISI 2021/2022


UNDUH INSTRUMEN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH FULL 2022


UNDUH JADWAL SUPERVISI KELAS


UNDUH REKAPITULASI NILAI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH 2022



Demikian Artikel Mengenai Supervisi Guru sukses dan sesuai yang diharapkan kepala sekolah dengan baik dan Profesional yang dilakukan disekolah. semoga ada manfaat dan menjadi bahan Referensi dapat diterapkan oleh Teman-teman Kepala Sekolah disatuan Pendidikan.


Penulis: Ridwan. S.Pd

email:Ridwanbharapan@gmail.com

Ig:@ridwanassingkily

Mahasiswa Pasca Sarjana Manajemen Pendidikan Tinggi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.








AGAR MONITORING & SUPERVISI GURU SUKSES DAN SESUAI YANG DIHARAPKAN, BERIKUT PERSIAPAN YANG HARUS DILAKUKAN KEPALA SEKOLAH AGAR MONITORING & SUPERVISI GURU SUKSES DAN SESUAI YANG DIHARAPKAN, BERIKUT PERSIAPAN YANG HARUS DILAKUKAN KEPALA SEKOLAH Reviewed by Pak One on September 13, 2021 Rating: 5

No comments:

Music

2/Music/grid-big
Powered by Blogger.