" Sahabat merdekabelajar "

Most Recent

3/recent/post-list

SEKOLAH TERPENCIL DI KABUPATEN ACEH SINGKIL, BUAT PROGRAM JUM'BACA ( JUM'AT NGAJI BACA CERIA ) SETIAP HARI JUM'AT DI UPTD SPDF SDN MUARA PEA

 

Iqro, peserta didik semangat membaca bersama dewan guru.


Aceh Singkil, Aceh. Sekolah pada Uptd Spf SDN Muara Pea Kuta Baharu yang berada di Pedalaman Kab. Aceh Singkil berada di Kampong Muara Pea Kecamatan Gunung Meriah Kab. Aceh Singkil Provinasi Aceh. 


Sekolah Ini Buka setiap Pagi, dari Senin s/d Sabtu. Pada Masa Kegiatan Pembelajaran di Sekolah sudah mulai Normal dan seperti biasanya Kegiatan Proses Belajar mengajar disekolah. Siswa mendapatkan Materi Pembelajaran dari Guru di kelas dan sekolah. 


Sekolah ini Berdiri mulanya Pada Tahun 1971 pada masa saat itu masih di daerah dekat Aliran sungai. Kemudian Berpindah Lokasi Bangunan Pada Tahun 2005 di Kampong Muara Pea, dekat dengan Perkebunan HGU PT. Ubertraco. Gedung sekolah berada didekat Kantor Desa Kampong Muara Pea. Jumlah Rombel sebanyak 6 Rombel, dari Kelas 1 s/d Kelas 6. 1 Perpustakaan, 1 Runag UKS, dan 2 Ruang Rumah Dinas Guru dan Tenaga Pendidik. Saat ini Jumlah Peserta didik sebanyak 51 Orang yang tercatat di Dapodik. 6 Orang Orang Guru Pengajar PNS, 1 Orang Kepala sekolah, 4 Orang Guru/Tendik Honorer sekolah dan 1 Tenaga Pendidik dan Operator sekolah.





Pada Proses Pembelajaran Semester Ganjil yang lalu sekolah SD Negeri Muara Pea tersebut sudah menjalankan Program yang memotivasi dan meningkatkan minat dan kemauan Kuat Siswa-siswi untuk Memabaca. Karena Pada Masa Pandemi Tahun Lalu, Para siswa-siswinya terlihat masih sangat banyak sekali ketertinggalan. Baik dari segi Materi Pembelajaran dan juga banyaknya masih siswa yang membaca masih terbata-bata dan kurangnya Literasi baik disekolah maupun di Lingkungan Tempat Tinggal.


Kepala sekolah memprogramkan Jumbaca ( Jum'at ngaji dan membaca ceria ), merupakan Langkah yang tepat bagi siswa untuk setiap Jum'atnya dimulai dari Pagi dengan mengaji ( Yasinan ) bersama 2 Orang Guru. 




Selanjutnya Para siswa-siswi di Bimbing Oleh Kepala Sekolah Langsung dan beberapa Guru untuk siswa membaca di Halaman Kelas dan Menceritakan Kembali dari Bacaaan yang telah mereka Baca dari Buku yang mereka sukai. Diakhir Kegiatan membaca Para siswa-siswi Maju kedepan untuk membacakan kembali isi cerita dari Buku mereka pilih.


Program Jum'baca ini merupakan salah satu Program Sekolah Uptd Spf SDN Muara Pea Kec Kota Baharu. Dengan Jum'baca ini para siswa dan Guru lebih semangat dan aktif untuk membaca dan mencintai Buku yang baik untuk mereka baca. Sehingga dengan kebiasaan membaca peserta didik lebih banyak memiliki Pengetahuan dan kemampuan Literasi baik disekolah maupun di Lingkungan tempat mereka tinggal.


Perpustakaan biasanya sepi dari Para siswa dan Guru, dengan Program Jum'baca ini terlihat setiap pekanya para siswa-siswi di Sekolah ini berlomba-lomba untuk mencari Buku terbaik mereka untuk membaca dan memahami dari isi Bacaan Buku yang mereka Pilih. 





Dengan Program Jum'baca disekolah ini, harapan para dewan Guru dan Tenaga Pendidik. Semoga Minat baca Peserta didik dan Liteasi siswa-siswi lebih meningkat lagi. Dengan Membaca dan mencintai Buku-buku, mereka lebih banyak memiliki Ilmu Pengetahuan dan tidak ketertinggalan Informasi.


Editor: ridwanbharapan@gmail.com


SEKOLAH TERPENCIL DI KABUPATEN ACEH SINGKIL, BUAT PROGRAM JUM'BACA ( JUM'AT NGAJI BACA CERIA ) SETIAP HARI JUM'AT DI UPTD SPDF SDN MUARA PEA SEKOLAH TERPENCIL DI KABUPATEN ACEH SINGKIL, BUAT PROGRAM JUM'BACA ( JUM'AT NGAJI BACA CERIA ) SETIAP HARI JUM'AT  DI UPTD SPDF SDN MUARA PEA Reviewed by Pak One on February 11, 2022 Rating: 5

No comments:

Music

2/Music/grid-big
Powered by Blogger.