" Sahabat merdekabelajar "

Most Recent

3/recent/post-list

Berikut Tanda dan Ciri - ciri Orang yang Beruntung Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

 

Iktikaf 10 Malam Terakhir di Masjid Raudhatussalihin, Desa Bukit Harapan

Aceh, A. Singkil. Saat ini Puasa sudah malam ke-26 di bulan suci Ramadhan ( Minggu, 16-04-2023 ) 1444 Hijriah, yang berarti hanya tersisa 4 ( Empat ) hari lagi sebelum bulan suci Ramadhan ini akan segera berlalu.

 

Di antara malam-malam terakhir ini, umat Muslim sangat menantikan kedatangan Malam Lailatul Qadar, yang dianggap lebih baik dari seribu bulan. Meskipun tidak diketahui pasti kapan datangnya malam ini, biasanya disebutkan pada malam-malam ganjil di atas tanggal 20 Ramadhan.

 

Buya Yahya, seorang dai terkenal di Indonesia, menjelaskan empat ciri-ciri orang yang beruntung mendapatkan Malam Lailatul Qadar. Berikut adalah penjelasan Buya Yahya Penjelasan beliau dari  Informasi ini dilansir dari kanal YouTube Al-Bahjah TV pada Senin (10/4/2023). Tentang ciri-ciri orang yang beruntung mendapatkan malam yang penuh berkah pada malam ya.

Meskipun tidak diketahui pasti kapan Malam Lailatul Qadar akan tiba, ada beberapa tanda atau ciri-ciri yang dapat dilihat. Semua orang berharap untuk mendapatkan malam yang penuh dengan keutamaan ini, karena Malam Lailatul Qadar dianggap lebih baik dari seribu bulan.

 

Ia menjelaskan bahwa ada beberapa tanda atau ciri-ciri orang yang beruntung mendapatkan Malam Lailatul Qadar, salah satunya adalah mereka yang telah berhenti melakukan kezaliman terhadap sesama manusia dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. 


1. Perubahan pada diri seseorang

Perubahan-perubahan tersebut akan terlihat jelas setelah bulan Ramadhan usai.

“Disebutkan para ulama tandanya adalah, ada perubahan dalam diri Anda setelah Anda keluar dari bulan Ramadhan,” kata beliau. Misalkan di bulan sebelum Ramadhan kita suka bermaksiat, setidaknya setelah Ramadhan selesai, maksiat tersebut berkurang.

 

2. Ibadah meningkat

Tanda lainnya mendapatkan malam Lailatul Qadar selanjutnya yaitu meningkatnya ibadah, berkurangnya perbuatan berbuat dosa dan perbuatan zalim. Jika Anda merasakan perubahan tersebut, itu tandanya Anda mendapat Lailatul Qadar dan ibadah Ramadhan diterima Allah SWT.

“Jika Anda kemarin, sebelum bulan Ramadhan Anda punya 10 kemaksiatan, ternyata kok menjadi sembilan, atau menjadi delapan, kedzoliman Anda berkurang, dosa Anda berkurang, ibadah Anda meningkat,” Kalau ada perubahan berarti ini tanda kalau Anda mendapatkan Lailatul Qadar atau Anda di Kabulkan, diterima ibadah Ramadhan Anda,” dikatakanya.

 

3. Penuh kasih sayang dan tidak mudah emosi

Tanda atau ciri-ciri orang yang mendapatkan malam Lailatul Qadar selanjutnya adalah bisa terlihat dari hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, perubahan sikap suami terhadap istrinya menjadi lebih lembut dan penuh kasih sayang, tidak mudah emosi. Begitupula sebaliknya, sikap sang istri lebih hormat kepada sang suami. Maka dari itu, Buya mengatakan untuk melihat atau cek tanda-tanda ini dalam diri kita.

“Maka dari itu yuk kita lihat apakah ada tandanya. Kepada istri semakin lembut penuh kasih, kepada suami semakin hormat. Mungkin kemarin sebelum Ramadhan marah sama istri saya, tapi kenapa ya setelah Ramadhan itu kok semakin reda emosi saya’, nah berarti Anda dikabulkan oleh Allah SWT.”


4. Dekat kepada Allah dan manusia

Sementara itu, tanda lainnya bisa terlihat jika diri kita semakin baik, baik dari segi sifat dan sikap. Semakin dekat kepada Allah. Semakin dekat dengan sesama manusia. Sebut Beliau, itu semua adalah tanda bahwasannya Anda mendapatkan Lailatul Qadar dan tanda amal Anda diterima di bulan Ramadhan.

“Jadi tandanya adalah kalau kita semakin baik, kalau kita semakin dekat kepada Allah, semakin dekat dengan sesama manusia, itu tanda bahwasannya Anda mendapatkan Lailatul Qadar dan tanda amal Anda diterima di bulan Ramadhan,” pungkas Buya yahya.

Kemudian kita juga dianjurkan untuk berdoa;

Allahumma Innaka Afuwwun Karimun Tuhibbul ‘Afwa Fa’Fu ‘Anni

 
Artinya: “Ya Allah, sungguh Engkau maha pemaaf yang pemurah. Engkau juga menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku.


Demikian Penjelasan dari Para Ulama mengenai Tanda dan Ciri-ciri Orang yang sangat Beruntung mendapatkan malam Lailatul Qadar, dimana Pada Malam itu semua Dalam Kebaikan dan Keberkahan dari Allah SWT. Semoga Kita dapat terus meningkatkan Ibdah disepuluh malam terakhir ramadhan dan InsyaAllah kita semua dapat menggapainya.


Sumber : Eramuslim.

(Ridwanbharapan@gmail.com)


Berikut Tanda dan Ciri - ciri Orang yang Beruntung Mendapatkan Malam Lailatul Qadar Berikut Tanda dan Ciri - ciri Orang yang Beruntung Mendapatkan Malam Lailatul Qadar Reviewed by Pak One on April 16, 2023 Rating: 5

No comments:

Music

2/Music/grid-big
Powered by Blogger.