" Sahabat merdekabelajar "

Most Recent

3/recent/post-list

Guru dan Kepala Sekolah Wajib Tahu, Penilaian Kinerja di PMM dimulai Pada Bulan Februari. Berikut Beberapa Hal yang dilakukan Oleh Guru


 



Pelaksanaan E-Kinerja di yang dilakukan oleh Guru akan menjadi penilaian yang terintegrasi pada Platform Merdeka Mengajar ( PMM ). Platform Merdeka Mengajar merupakan Rumah Besar Bagi Guru Untuk merencanakan dan Mengelola E-Kinerja merupakan SKP pada Tahun 2024.

Setelah melakukan perencanaan dan sudah mendapatkan persetujuan atasan di bulan Januari, guru akan masuk pada tahapan pelaksanaan kinerja. Pelaksanaan kinerja guru di PMM ini dimulai dengan mempersiapkan observasi kelas pada bulan Februari. Hal ini menjadi bagian dari penilaian kinerja yang akan dilakukan oleh Kepala Satuan Pendidikan baik Negeri maupun Sekolah Swasta.

Dari  pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id, penilaian pada pelaksanaan kinerja yang dilakukan guru meliputi tiga hal berikut.

1. Penilaian Observasi


Pada kegiatan ini, guru akan diberikan penilaian berdasarkan hasil observasi kelas sesuai jadwal yang telah disepakati. 

Kepala sekolah mulai menilai dengan mengecek rincian pada halaman dokumen penilaian observasi. Untuk mengetahui maksud dan tujuan dari rubrik yang ingin diisi, kepala sekolah dapat melihat informasi tentang panduan penilaian. 

Terdapat indikator, fokus observasi, dan upaya yang telah dipilih atau dilakukan guru sebagai dukungan pelaksanaan kinerjanya. Kepala sekolah juga dapat mengecek dokumen RPP/modul ajar yang diunggah oleh guru sebagai bahan peninjauan terhadap upaya yang dilakukan.

Pemberian penilaian dan catatan didasarkan hasil observasi dengan mengacu pada indikator yang dipilih oleh guru.

Kepala sekolah dapat memberikan rekomendasi tindak lanjut untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru. 

Jika sudah memberikan penilaian dan rekomendasi atas pelaksanaan kinerja guru, dapat dilanjutkan untuk mengumpulkan. 

 2. Penilaian Dokumen Tindak Lanjut


Pada kegiatan penilaian dokumen tindak lanjut, dasar yang digunakan adalah upaya guru setelah menerima saran dan rekomendasi melalui observasi kelas. 

Kepala sekolah mulai menilai dengan melihat dokumen tindak lanjut dan melakukan pengecekan upaya guru melalui isinya.

Perlu diketahui, jika guru tidak mengisi bagian pilhan belajar lainnya, upaya tindak lanjut tersebut tidak akan ditampilkan pada halaman.

Selanjutnya, kepala sekolah dapat memilih salah satu penilaian dari hasil yang telah dilakukan oleh guru ketika melakukan refleksi dengan memberikan penjelasan terhadap penilaian tersebut. 

Kepala sekolah juga dapat berdiskusi dengan guru seputar upaya tindak lanjut yang dilakukan.

Jika sudah memberikan penilaian untuk tindak lanjut yang sudah dilakukan, dapat langsung dikumpulkan. 

Pada proses ini, kepala sekolah dapat memantau perkembangan tindak lanjut yang dilakukan oleh guru. 

3. Penilaian Refleksi Tindak lanjut


Pada kegiatan ini, guru diberikan penilaian berdasarkan upaya refleksi tindak lanjut yang dilakukan setelah menerima saran dan rekomendasi.  Kepala sekolah dapat mulai menilai dengan melihat halaman dokumen refleksi tindak lanjut.

Kepala sekolah diminta untuk menilai upaya yang dilakukan oleh guru setelah melakukan refleksi berdasarkan pilihan belajar pada PMM atau melalui media lainnya. Penilaian ini mencakup tiga tahapan, yaitu tantangan, upaya mempelajari, dan peningkatan kinerja.

Jika guru tidak mengisi bagian ‘Pilihan Belajar Lainnya’, refleksi tindak lanjut tersebut tidak akan ditampilkan pada halaman.

Selanjutnya, penilaian dapat memilih salah satu dari hasil yang telah dilakukan oleh guru ketika melakukan refleksi dengan memberikan penjelasan terhadap penilaian tersebut.  Kepala sekolah juga dapat berdiskusi dengan guru seputar upaya tindak lanjut yang dilakukan. 

Jika sudah memberikan penilaian untuk tindak lanjut, bisa dikumpulkan atau disimpan pada draf terlebih dahulu. Jika sudah dikumpulkan, akan muncul tampilan konfirmasi untuk dilakukan pengecekan. Penilaian kinerja untuk dokumen tindak lanjut telah berhasil diselesaikan.


Demikian penjelasan tiga hal yang perlu dilakukan kepala sekolah pada pelaksanaan kinerja guru dan Tenaga Kependidikan. 


Ridwan.Tinambunan.,S.Pd ( Tendik Uptd SPf SDN Muara Pea Koba, Aceh Singkil )


Guru dan Kepala Sekolah Wajib Tahu, Penilaian Kinerja di PMM dimulai Pada Bulan Februari. Berikut Beberapa Hal yang dilakukan Oleh Guru Guru dan Kepala Sekolah Wajib Tahu, Penilaian Kinerja di PMM dimulai Pada Bulan Februari. Berikut Beberapa Hal yang dilakukan Oleh Guru Reviewed by Pak One on January 27, 2024 Rating: 5

No comments:

Music

2/Music/grid-big
Powered by Blogger.